menyediakan informasi unik dan menarik dari Kpop, Ipop dan dunia

Kelemahan SM, JYP dan YG Entertainment

Okepop –  Di Korea Selatan, siapa yang tidak kenal dengan Big 3 label hiburan di Korea ini. Okepop bahkan pernah membahas Big 3 label manajemen artis di Korea ini. Dibalik kemegahan, perencanaan luar biasa, taktik marketing yang hebat dan keuangan kuat dari go public mereka sehingga menjadikan peran mereka signifikan di industri musik Kpop. Namun, ternyata Big 3 memiliki kelemahan pada masing-masing label.

Dilansir dari sebuah media Korea, Media Star Today merilis kelemahan dari masing-masing label. Okepop akan merangkum kelemahan dari masing-masing label di bawah ini.

1. SM Entertaintment

Sistem yang sangat kaku dan tidak banyak perubahan, sejak mempopulerkan HOT, SM Entertaintment mempopulerkan idola-idola lain di bawah label dia dengan sebuah formula ala SM yang dianggap 99% pasti berhasil. Lihat saja bagaimana BoA, SNSD, F(X), Super Junior, dan SHINee begitu bersinar di bawah arahan label. Mereka tidak hanya dikenal di Korea, tetapi boleh dibilang label yang paling berani dan paling sering konser di luar negeri untuk mendapatkan perhatian dari fans mancanegara. Lalu apa kelemahannya? bukankah sistem yang kaku itu membuahkan hasil yang bagus?

EXO

Jawabannya adalah pasar mulai jenuh dengan cara SM mempromosikan idola yang begitu-gitu saja. Kasus yang paling baru adalah grup terbaru mereka yaitu EXO. Debut dengan lagu Mama, EXO sempat mencuri perhatian, namun hasil yang diharapkan masih belum dapat dilihat.

Banyak yang menganggap EXO terlalu dipromosikan dan diangkat sejak dini, sehingga EXO tidak bisa mereka tidak bisa lebih menonjol dibanding kerumunan grup idola lainnya dan EXO seharusnya mendapat pelajaran lebih dari sebuah perjuangan.

2. JYP Entertaintment

JYP adalah akronim dari Park Jin Young, sang presiden. Kelemahan besar dari label ini adalah semua lagu idola di bawah besutan JYP adalah ciptaan JYP. Lagu hasil ciptaannya memang sederhana, mudah diingat dan enak didengar namun hal ini akan membatasi kemampuan dari para idola di bawah asuhan dia seperti 2PM, 2AM, Miss A dan Wonder Girls dalam mengembangkan citra mereka.

Sebenarnya, JYP bukanlah orang yang otoriter, dia bahkan selalu memberikan kesempatan pada tim untuk mengumpulkan lagu kemudian memilih lagu terbaik untuk dinyanyikan. Uniknya adalah rata-rata lagu yang dipilih memang milik JYP. Lalu apa yang salah? bukankah semua hal itu sudah melalui proses demokrasi.

Wooyoung

Hal yang kurang adalah keinginan untuk mempromosikan lebih lagi lagu yang tidak terpilih bersama. Karena bisa saja, lagu itu laris di pasaran dan bisa mengembangkan citra dari idola di bawah asuhan JYP. Wooyoung 2PM salah satunya, baru-baru ini dia debut solo bersama Jo Kwon dari 2AM, lirik lagu yang dia nyanyikan sangatlah 2PM. Seharusnya ketika berkarir solo, dia bisa memberikan sebuah citra baru yang original miliknya.

3. YG Entertaintment

Siapa yang tidak kenal Big Bang dan 2NE1 jika bicara soal Kpop. 2 pentolan YG Entertaintment ini memiliki ciri khas musik yang unik dan sangat bergaya hiphop. Namun, apa ya kelemahan label yang satu ini? YG Entertaintment dikabarkan memiliki hubungan yang kurang baik dengan stasiun TV Korea, selain SBS. YG memang dikenal agak tertutup dalam memberikan informasi sehingga terkesan sangat eksklusif.

Namun, YG Entertaintment sepertinya memiliki hubungan yang sangat dekat dengan SBS yang selalu memprioritaskan YG dalam acara musik mereka. Contohnya, dalam rangka promo album ‘Alive‘ Big Bang pada Februari-April kemarin, Big Bang bahkan muncul di 3 acara variety dan musik yang ditayangkan SBS dan semuanya berdurasi lebih dari 1 jam seperti, Healing Camp’, ‘Running Man’, dan ‘You & I’.

Kemunduran lain yang sangat signifikan dari agensi ini adalah mereka terlalu bergantung pada satu artis saja, Big Bang. Pada tahun 2010, Big Bang adalah grup yang menaikkan total penjualan YG Entertainment sebanyak 70,1%, ini bisa diartikan bahwa YG sangat berkonsentrasi pada Big Bang dibanding artis lainnya, tetapi apabila ada masalah terjadi pada grup ini, perusahaan YG secara keseluruhan akan goyang.

So, setujukah Anda dengan analisis dari Media Star ini? ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>